Sejarah Jaringan Komputer dan Perkembangannya

Anda bisa mengakses file-file kantor dengan aman melalui Virtual Private Network, di waktu lain Anda bisa berbelanja kebutuhan pangan sampai barang mewah secara online. Semua kecanggihan itu tidak akan pernah terwujud tanpa adanya jaringan komputer. Bahkan, kecanggihan teknologi juga tidak lepas dari sejarah jaringan komputer dan perkembangannya yang cukup panjang.

Berbicara tentang sejarah tersebut, berawal dari lahirnya ide berupa konsep jaringan komputer pada tahun 1940-an di Amerika Serikat. Proyek pengembangan komputer MODEL I dilakukan di laboratorium Bell. Profesor Howard Aiken memimpin proyek ini bersama kelompok riset Universitas Harvard.

Terciptalah super komputer pada tahun 1950-an, yakni sebuah komputer yang mampu melayani beberapa terminal. Dari sini, konsep distribusi proses berdasarkan waktu bernama TSS (Time Sharing System) diciptakan.

Jaringan komputer terus berkembang dengan temuan-temuan baru. Di tahun 1970, lebih dari 10 komputer telah berhasil tersinkronisasi. Teknologi ini hadir berkat riset yang digagas oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat dengan proyek bernama Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA). Tujuan utamanya agar mereka dapat saling berkomunikasi dalam sebuah jaringan yang mereka bentuk sendiri.

Tidak lama setelah temuan DARPA tersebut, Roy Tomlinson membuat sebuah gebrakan berupa penyempurnaan program email pada tahun 1972Terobosan ini telah dimulai dari tahun 1971 untuk ARPANET. Karena mudah digunakan, email pun menjadi sangat populer saat itu. Pada tahun 1973, jaringan komputer ARPANET berkembang pesat dan berhasil melakukan ekspansi besar-besaran ke luar Amerika Serikat.

sejarah jaringan komputer dan perkembangannya yang hingga kini sangat berperan besar dalam kemajuan peradaban masyarakat dunia.

https://jayasakticomputindo.com

Di tahun yang sama saat ARPANET melakukan ekspansi ke luar Amerika, international network yang disebut dengan Internet, tercipta. Batu loncatan besar dalam teknologi jaringan komputer ini dipresentasikan di Universitas Sussex oleh dua ahli komputer bernama Vinton Cerf dan Bob Kahn yang merupakan pencipta jaringan tersebut.

Eksplorasi jaringan komputer

Eksplorasi jaringan komputer terus dilakukan. Hingga pada tahun 1988, sebuah teknologi yang fenomenal ditemukan. Teknologi tersebut bernama Internet Relay Chat yang dikenal dengan IRC, dirancang oleh Jarkko Oikarinen yang berasal dari Finlandia. Teknologi jaringan ini diciptakan demi menghubungkan dua orang pengguna komputer untuk dapat berkomunikasi secara langsung melalui pesan teks—dikenal dengan istilah chatting.

Empat tahun setelah IRC ditemukan, yaitu pada tahun 1992, istilah internet surfing atau penjelajahan di dunia internet menjadi populer. Dua tahun berikutnya, alamat virtual berupa halaman di internet tumbuh dengan pesat hingga mencapai 3000 halaman.

Tahun 1994 disertai dengan pertumbuhan teknologi yang sangat signifikan. Di tahun ini, teknologi berbelanja online dihadirkan untuk masyarakat luas, bersamaan dengan lahirnya situs Yahoo! dan peramban bernama Netscape Navigator 1.0.

Itulah sejarah jaringan komputer dan perkembangannya yang hingga kini sangat berperan besar dalam kemajuan peradaban masyarakat dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *